gila…

 

dari: tidakmenarik.files.wordpress.com

Ada teman yang mengumpulkan data tingkah aneh para caleg gagal pasca penghitungan suara. Makin hari, sepertinya data itu akan semakin memanjang. Dan rasanya bakal semakin sering kita menemukan berita di media tentang fenomena caleg gagal ini. Lihat listnya di sini.

Yang paling tragis tentu meninggal atau bunuh diri, lalu ada juga yang mengambil kembali barang/uang sogokan dan yang terus bertambah adalah yang terganggu mental.

Mungkin ada satu dua pelajaran yang bisa saya ambil dari fenomena ini. Pertama, bahwa mental untuk gagal atau kalah juga penting untuk diajarkan kepada sebanyak mungkin orang. Tentu dengan tak lupa mengedepankan mental untuk menang dan gigih berusaha. Gagal atau kalah adalah sebuah kembang hidup yang memang tak terhindarkan buat semua orang.

Kedua, atribut kebendaan berupa tahta, harta (dan wanita) telah terus menjadi arus utama alam bawah sadar kolektif di tengah kehidpan masyarakat. Maka segala cara dan upaya serta usaha potong jalur untuk menggapainya menjadi hal yang biasa. Orang makin materialistis dan mengukur segalanya (terutama) dengan atribut-atribut tersebut.  Rasanya makin kecil dalam kesadaran kolektif kita tentang betapa ada ‘banyak jalan lain’yang bisa ditempuh manusia untuk mengejar bahagia dibanding harus mengejar hingga gila atribut kebendaan di atas.

Mungkin kita akan terus melihat daftar keanehan caleg gagal  itu memanjang. Perlu juga diapresiasi, caleg partai mana yang nantinya paling sedikit memenuhi list daftar keanehan itu. Paling tidak, secara tersirat, itu menunjukkan kesiapan sistem mereka untuk memilih orang . Moga saja menunjukkan, bahwa masih ada harapan untuk negeri ini untuk menjadi lebih baik. Amin.

Betul gak?

Sekedar garis bawah sederhana dari seorang yang berpikiran sederhana seperti saya.

There are no comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: